Jumat, 01 Mei 2009

membuat kapal dari fiber



Gambar : minyak resin 


Kapal yang terbuat dari Fiberglass merupakan type kapal cepat , digunakan sebagai kapal Patroli, kapal pribadi, atau kapal untuk transportasi laut atau sungai, karena bobot yang ringan dan cukup kuat, sehingga kerja dari motor/mesin penggerak baling baling pendorong/kipas bekerja secara maksimal,mesin kapal fiberglas menggunakan mesin diesel yang diinstalasi didalam lambung kapal .atau mesin bensin tempel. 

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    penjelasan fiberglass:

Secara theory, fiberglass itu kalo di bahasa ilmiahnya jarang ditemui,  yang dimaskud fiber/serat adalah penguatnya saja, yang termasuk dalam hal ini juga carbon fiber, atau aramid, Jadi barang jadinya namanya glass fiber reinforment plastic (GFRP), atau CFRP. Dan itu memang yang di gunakan sebagai bodi atau frame pada sebuah kapal atau bisa juga untuk kendaraan,alat - alat rumah tangga seperti tangki air dan sebagainya.
       Jadi yang liquid itu plastiknya (matrik), ratusan jenisnya, cuman yang biasa dipakai adalah Epoxy resin, biasanya orang menyebutnya resin saja. Resin ini belum berupa polymer jadi harus dijadikan polymer biasanya dicampur apa yang disebut sebagai katalis/hardener (keduanya terjual terpisah). Hardener ini yang akan membantu resin menjadi polimer dan menjadi keras. untuk memperkuatnya ditambahkan fiber( woven roving/mat) didalam adonan resin +hardener = jadilah apa yang bisanya disebur fiberglass meskipun lebih tepatnya GFRP tadi. 
karena mengandalkan reaksi saja maka tidak memerlukan material yang aneh (tahan temperature) saat mencetak, makanya cetakannnya (mold) bisa apa ajah pada dasarnya bisa juga kayu atau plat, tapi klo untuk cetakan membikin kapal sebaiknya digunakan dari kayu dengan teriplex disamping
pleksible bahannya murah serta mudah didapat.


Sebelum memulai mempelajari cara membuat kapal dari bahan fiberglass, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu bahan bahan yang akan digunakan :

Bahan - Bahan :
1. Minyak Resin( epoxy resin ) : minyak resin bahan dasarnya terbuat dari minyak bumi dan residu tumbuhan

2. Katalis (catalis) : cairan kimia untuk campuran minyak resin supaya terjadi pengerasan secara kimia atau sering juga di sebut hardener
Gambar : Katalis/Hardener

3. Talk (tepung khusus) : talk diguna untuk membuat lemfiber(jackcoat) serta untuk membuat campuran cat plincoat

4. Mat/mesh (serat halus) : terbuat dari bahan polyester,berguna sebagi media lapisan permukaan sebuah plat fiber
Gambar : Mat


5.Roving (serat kasar) : terbuat dari bahan polyester/epoxy,digunakan sebagi media
l apisan tengah dari plat fiberglass.


6. Kayu dan Triplek glossi : digunakan untuk membuat mold (wadah cetakan) bentuknya dibuat sebesar gambar/design permukaan luar dari lambung kapal.
7. Cat Plincoat : digunakan untuk mewarnai sekaligus menghaluskan permukaan lambung kapal.
gambar : Woven Roving

8. Bahan-Bahan pelengkap lainnya : seperti mesin penggerak kipas,dinamo listik,alat nafigasi,alat komunikasi dan lain-lain sesuai kebutuhan.


Alat-alat yang digunakan :

1. Kuas Roll/dan Kuas Biasa
2. Mesin Gerinda
3. Mesin Mixer
4. Mesin Bor dan Ampelas
5. Perkakas kayu

Langkah- Langkah Pengerjaan Pembuatan Kapal dari Fiber:

1. Pertama kita buat dahulu mold (wadah cetak) sebuah lambung kapal (sebaiknya dibuat di lokasi dekat laut/sungai besar) dengan kayu dan teriplek seperti gambar no 1 (mold/cetakan)
Gambar Proses pembuatan mold/ cetakan


2. Setelah mold (cetakan) selesai , terlebih dahulu permukaan dalam dari mold (cetakan) dilumasi dahulu dengan polish untuk memudahkan pembukaan mold setelah proses pembuatan kapal selesai , lalu cat dengan cat plincoat sebagai proses pewarnaan lambung kapal ( warna cat disesuaikan dengan keinginan), cat plincoat dihasilkan dari campuran talk, cat acrilic serta minyak resin (dalam proses ini penggunaan katalis di campur pada adonan cat plincoat pada saat digunakan saja / saat proses pengejaan saja).



setelah cat plincoat pada cetakan kering dan telah dihaluskan dengan amplas disc dengan menggunakan gerinda, proses pembuatan lambung kapal pun siap dimulai,lapisan pertama dengan balutan mat/mesh (serat halus) dan yg kedua dengan roving (serat kasar) serta balutan terakhir dengan mat lagi,semua lapisan balutan serat itu dilumuri/dicor dengan minyak resin yang telah dicampur katalis dengan menggunakan kuas roll, takara campuran minyak resin+katalis tergantung lamanya proses pengeringan yang hendak diinginkan,contoh: 5 liter minyak resin dilaruti oleh 5 cc cairan katalis memerlukan waktu pengeringan 3-5 menit(dengan asumis cuaca cerah), ketebalan lambung kapal tergantung dari besar dan kecilnya ukuran kapal yang dibuat ,semakin besar sebuah kapal harus semakin tebal pula lambung kapalnya,spesifikasinya lapisan lambung kapal adalah sbb : mat-roving-mat, proses pembuatan lambung kapal dikerjakan secara kontinyu harus sekaligus jadi jangan di sambung kecuali untuk proses penebalannya.




3.Setelah proses tahap no 2 selasai lambung kapal diberi tulang tulang fiber untuk memberi kekuatan pada lambung kapal, selanjutnya kepada tahap pembuatan ruangan-ruangan pada kapal sesuai dengan design gambar yang dibuat dengan pembuatan kembali mold atau bisa juga dengan langsung dibuat dengan plat fiber, pembuatan plat fiber maupun tulang fiber sama dengan proses pembuatan lambung kapal tetapi mold (cetakan) sebuah flat fiber bentuknya seperti sebuah lantai dan mold dari tulang fiber bentuknya seperti tiang kayu.





4. Ruangan yang perlu dibuat didalam lambung kapal adalah tangki bahan bakar,ruangan mesin (kalau menggunakan mesin dalam) instalasi kemudi (haluan) lainya, untuk tangki air bersih sebaiknya dibuat diatas atap kapal.


5. Aksesoris tambahan lainnya bisa dibuat diluar badan kapal dengan cetakanya seperti membuat pintu,tangga,teralis,bingkai jendela dan lain-lain. contoh dibawah adalah proses pengembuatan pintu kapal
a. Mold / cetakan  yang permukaannya sudah diberi polish ( pelicin
b.mold/cetakan di kasih cat plincoat


c.  seluruh permukaan cetakan dibalut dengan mat+woven dan di cat (dicor)dengan resin yang sudah di campur katalis/hardener menggunakan kuas roll/biasa.

d. proses penyiraman  adonan minyak resin telah selesai dan tunggu sampai kering. 

e. pintu fibergalss sudah di lepas dari cetakannya dan bagain dalam dan pinggirnya siap dihaluskan dengan gerinda.


f. pintu fiberglass sudah  selesai dihaluskan dengan gerinda.

g. pintu  berbahan fiberglass sudah selesai di buat dan siap dipasang


6. Proses terakhir yaitu finishing body kapal (pendempulan dan pengecatan) serta memasang mesin ( untuk mesin penggerak yang di instalasi didalam lambung kapal harus disertai dengan pemasangan blower atau kipas pendingin) , dan kasesoris lainya.


a. gambar mesin  tempel

b. gambar mesin dalam ( diinstalasi di dalam lambung kapal)



140 komentar:

ganybroken go_BLOG mengatakan...

Aduh bang mufti.. kereeen..
Bisa dong kita berbisnis.. heheheh

cara membuat kapal fiber mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...

bos minta detail tentang cara membuat kapal dong.

tlg kirim ke
cah-nom2@telkom.net

maturnuwun

Boku no Blog mengatakan...

Bagus Bang jarang orang berbagi buat Kapal dalam Blog....
Aku alumnus Senior High school of Shipping Sidoarjo (PAL Indonesia)mendukungmu...
Mampir juga ke Blogku ya...
Good Luck...

cara membuat kapal fiber mengatakan...

Terima kasih mas lulussutopo, klo boleh saya minta tambahan artikel seputar pembuatan kapal mas terutama kapal fiber mas, saya khan cuman pengalaman kerja buat kapal saja mas, klo latar belakang pendidikan saya elektronika mas, terima kasih.

Anonim mengatakan...

n kebetulan saya ada kebutuhan untuk pembuatan 7 unit kapal tempel dengan beberapa spesifikasi berbeda. Bisa dapat kontak number nya mas?

edi : 0818999089

terima kasih mas, saya tunggu reply nya

KURSUS DAN PRIVAT SEMUA USIA SEMUA PROGRAM mengatakan...

Kursus bahasa inggris private untuk semua usia

Nurul Iman Supardi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Nurul Iman Supardi mengatakan...

Bagus sekali p. Mufti, saya udah mengulas tulisan ini melink ke blog pakMufti di blog saya. Kalo boleh link juga ke saya di: http://nurulimansupardi.wordpress.com

Andi S mengatakan...

kang Minta dong alamat Distributor yang jual bahan fiberglass yang murah. aku nyari kok ga ada yang lengkaP ! Sms ya 0816559632 please!

Anonim mengatakan...

Kang Mufti, mengingat saya tinggal di daerah pesisir mungkin usaha ini prospek. Tetapi untuk urusan soal fiber saya masih asing. Jadi tolong infonya yang lebih lengkap ke email saya atau sms di 085850503939 barangkali kita bisa berbisnis, trims

ade mengatakan...

wah mantaaap jempol 12 buat penulis. masih punya artikel lainnya ga???? dasar dasar pembuatannya untuk item yang ga terlalu besar punya gak. aku mau belajar donk.

Anonim mengatakan...

Kang Mufti, saya tertarik untuk membangun kapal fiber dengan kualitas baik... Mohon Menghubingi saya, Endih, 08129535659... terima kasih

Anonim mengatakan...

dimaz mengatakan
wah blog seperti inilah yang aku cari...........
tq ya maz....cz blog anda sudah membantu saya dlm pembuatan fiberglass di kampus....maturnuwon

Anonim mengatakan...

Ruaaaar biasa thanks bro

imron mengatakan...

subhanallah, Bang hebat sekali. bang saya boleh magang di tempat abang tidak? ajarin dong bang.

Anonim mengatakan...

Saya mau tahu lebih lanjut tentang tata cara pembuatan kapal dari fiberglass,Kang Mufti boleh ngak alamat yang bisa saya hubungi,ini nomor telepon dan email saya 081389178311 syamsuar_5@yahoo.com

Anonim mengatakan...

Saya ingin tahu lebih lanjut tentang artikel ini.Jika ada alamat atau nomor telepon yang bisa di hubungi mohon kirimkan ke saya melalui alamat email : tonybinus@yahoo.com atau telepon 081340044222

almoe mengatakan...

1. Mohon informasi...
Berapa bahan-bahan yang diperlukan untuk
pembuatan dengan spesifikasi
Panjang : 7m
Lebar : 1,6m
Tinggi : 0.9m
Mohon informasinya lebih lanjut.

2. Berapa perkiraan biaya yang harus dikelurkan untuk pembuatan Longboad seperti spesifikasi tersebut diatas?

Mohon Jawabannya Melalui emai : almoe29@yahoo.co.id

gh mengatakan...

masa jenis fiber brapa ya ?

Anonim mengatakan...

Gambar terakhir kok terlihat seperti kapal yang diselimuti awan ya?
Foto efek atau yang asli mas?

Ihsan Prawoto mengatakan...

wah untuk pembuatan kapal sebesar itu membutuhkan berapa kilogram resin dan serat ya... sukses deh..

kalo proyek besar kayak gituan kayaknya enggak dulu dech.... kl bikin proyek kecil dari resin sering

Agus suryanata mengatakan...

Mantap Kang

kalo buat yang kecil-kecil ukuran 3 meter kira2 abisin uang berapa kang.
bisa komentar lagi di email saya kang
aagussuryanata@yahoo.com
trims

Anonim mengatakan...

bagus sekali mas infonya, trimakasih

Jaya Kimia mengatakan...

Sebuah toko kimia di Surabaya yang menjual:

Bahan- Bahan Fiber Glass (Resin, Catalist, Cobalt, Mat, WR, DLL)﹑

Pasta Silver ﹑

Silicone Emulsion﹑

Silicone Rubber ﹑

Silicone Oil ﹑

Glitter ﹑

Bubuk Mutiara Bunglon ﹑

Bubuk Mutiara Silver ﹑

Kaneka ﹑

Bubuk Mas (Bronze Powder) ﹑

DOP﹑

Phosfor ﹑

Effect Pigments﹑

Pasta Sablon ﹑

Pigment Sablon ﹑

Xilarix ﹑

Pembersih Rumah Tangga ﹑

Keperluan Laundry ﹑

Dan Lain - lain

------------------------------------------------

Ngagel Jaya Kimia / Jaya Kimia
JL. Ngagel Jaya Selatan 95
(samping supermarket BILKA)
Surabaya

Coordinates: 7°17'36"S 112°45'19"E

031 - 60 31 70 07
http://www.facebook.com/jayakimia

Anonim mengatakan...

Luar biasa mas, makasih ya dah bagi ilmunya, klu boleh tau kira-kira butuh biaya berapa besar untuk membuat kapal seukuran gambar diatas ?
081360099700
Tq mas..

Anonim mengatakan...

Mas , mau nanya .. dimana sy bisa buat perahu fiber untuk mancing , pjg 9 mtr x 2 mtr , kl bs tdk jauh dari kota bandung ? email sy asrol_tanbrin@yahoo.com , trima kasih

Anonim mengatakan...

nah ini dia yang ane cari..
hihi...
kalau ada detail gambar untuk pembuatan kapalnya disertakan selengkapnya mas..

ane pingin buat boat untuk memancing juga
yang ane punya gambar boat 5 Meteran
bahan kayu dan triplek
hehe

plentung@ovi.com

Akhmad riesnandar mengatakan...

waduh.. klo bisa minta kontak personya nya.. tlng kirim ke email saya ya... Aries_gitu86@yahoo.co.id
saya sama sekali g punya dasar untuk membuat fiber.. jadi tlong dibantu dan jng bosen di tanya2 ya..

JackPaat mengatakan...

Coba aja link ini mungkin membantu http://www.spirainternational.com/

Anonim mengatakan...

luar biasa mas. saya pengen banget kapal yg cukup buat mancing untuk berempat. kalo ada yg sdh pernah buat, berapa habisnya ? info ke heru_gus@yahoo.com ya.

Anonim mengatakan...

kalo kapal selam bisa gak bro???

angga mengatakan...

Sayang sekali kang, pemerintah sekarang sangat membatasi penggunaan kapal berebahan fiber dan menggalakakkan penggunaan kapal baja yg mahal biayanya..
Dan industri pembuatan kapal baja atau shipyard banyaknya di luar jawa seperti batam & kalimantan. Klo di pulau jawa banyaknya di jatim..

Imron M mengatakan...

Mas Mufti, materinya bener2 bermanfaat.
Saya tertarik dengan cetak fiber untuk kapal boat. bisa gak ya saya minta petunjuknya yang lebih detail, soalnya saya pemula dan belum paham tentang fiber dan karakteristiknya. mohon bantuannya...
terima kasih.

Anonim mengatakan...

Waooww mantap bnar artikelnya,kira2 klau sperti gambar diatas berapa biaya pembuatannya pak, diluar mesin dll,thank's

Bahan Perahu Fiber mengatakan...

untuk bahan bakux bs dpt dr mn ya?
apa bs d dpt dr bpk sndri?

fifi mengatakan...

salam kenal,

saya mencari mudlof tug boat P.31m L/9m T 4m haga berapa ya dimana saya bisa dapat....

trims

fifi

Anonim mengatakan...

Abang Mufti Yth, Baru Ketemu Artikel ini setelah sekian lama dicari,tinggal di Pesisir pulau Kecil dan usaha ini sangat di Idamkan sejak dulu mengingat kebutuhan akan Boat lokal daerah saya sangat tinggi,mungkin kita bisa berbisnis pada usaha ini ,mohon infonya ke Email saya / sms 081929508893,Terima kasih...

Toko Furniture Jepara.com mengatakan...

iformasi yang sangat bagus, i like it

Toko Furniture Jepara.com mengatakan...

salam kenal dari jepara.

Toko Furniture Jepara adalah perusahaan yang menjual berbagai macam barang-barang mebel, dan barang-barang furniture yang Berkualitas, Terlengkap, dan juga harga yang sangat murah, kunjungilah websate kami tokofurniturejepara.com siapa tau ada barang yang cocok. Dan Bagi anda yang berminat dengan barang-barang kami, Jangan lupa hubungi kami melalui (info tokofurniturejepara.com) maka anda akan bisa langsung memesan barang-barang furniture yang anda inginkan dengan kualitas yang sangat bagus, okey gans. :hehe: ....
Kalau ada waktu jangan lupa mampir ke website kami yach!
makasih sebelumnya.

Anonim mengatakan...

aku dari bandung fbku cecep culun bnget dimana ya cari bahan kimia yg ada di bandung

wahyu mengatakan...

Ass. mantab bang..., kbtl drumah ak ada usaha bkin2 kpl fiber, tp ni lengkap bnget loh pnjelasannya. Mang kerja di glangan ya bang?

kursi jati mengatakan...

wah mantap gan,,, artikel yang sangat-sangat bermanfaat...
kami kasih jempol yang buaaaanyaaaakkkkkk dechh..

Anonim mengatakan...

mantap /kalsel maniak mancing udang galah 082154001777.

Unknown mengatakan...

Keren bang,
Klo buat RC kapal perang rancangan body'a berikut bahan bahan'a apa aja, gimana ya?
Untuk ukuran satu1/2 meter,
Tolong dong , adimas_fauzi@yahoo.com

Anonim mengatakan...

pasang iklan gratis www.mig74.com

furniture-jati mengatakan...

informasi yang sangat bagus sekali,,,

patungpahat mengatakan...

artikel yang bagus sekali,,,
salam kenal,,,

Anonim mengatakan...

top markotop..
matur tengkyu...
bisa buat referensi bikin papan panjat fiber sendiri.

Anonim mengatakan...

top markotop..
matur tengkyu...
bisa buat referensi bikin papan panjat fiber sendiri.

ahmad azhar mengatakan...

trima kasih,,atas informasinya untuk bertukar informasi hubungi website kami http://www.unsri.ac.id/

Anonim mengatakan...

Pak Mufti, sharing informasinya sangat bermanfaat bagi pembaca termasuk saya, kiranya Tuhan memberkati anda dengan hikmat, pengertian, pengetahuan dan kepandaian yang luar biasa untuk terus berkarya dan menjadi berkat bagi banyak orang bahkan bagi bangsa kita ini.

Anonim mengatakan...

Cobalah yang satu ini, yaitu cara membuat kapal kayu dengan berbagai tipe kapal dan ukuran menurut fungsinya dengan penjelasan yang sangat detil, lengkap dan berkualitas.

http://03061otlmjyk9o63p01j-2wr53.hop.clickbank.net/

Unknown mengatakan...

Menerima pesanan kapal fiber. Custom/As per design.

Visit kapalnusantara.co.id

Anonim mengatakan...

buka cabang di bengkulu dong, saya mempunyai halaman yang luas, bisa untuk pembuatan ataupun pemasaran, email hamidinaam64@yahoo.com

pemeriharaan mesin mengatakan...

keren

parking mengatakan...

bagus

Armstrong Indonesia mengatakan...

mantap

rumah mengatakan...

semoga bermanfaat

jantung koroner mengatakan...

tips yang bagus

Vakum Pembesar Penis mengatakan...

thanks untuk artikelnya

Anonim mengatakan...

kereeeen...aku pingin belajar nich, mmpir ke www.kayakingjogja.blogspot.com

Anonim mengatakan...

kang mufti..thumb up buat akang..sy juga ada kemauan untuk membuat kapal seperti ini dan background saya memang dari pelaut kang.,dan sekarang baru ketemu neh sekalipun masih agak general pembahasanya namun berarti banget.klo emang kang mufti pernah buatnya boleh dong ane jala-jalan k sana .hmm mana tau saya bisa join kang..gud luck
joe.
hp:081282215013
ym:lapaujoe

Unknown mengatakan...

Mantap bang artikelnya. Tq...

Unknown mengatakan...

Mantap bang artikelnya. Tq...

Unknown mengatakan...

Mantap bang artikelnya. Tq...

Unknown mengatakan...

Tolong info toko untuk beli bahan fiber di surabaya. Trims

Anonim mengatakan...

@arfa apotik : Ngagel Jaya Kimia / Jaya Kimia
JL. Ngagel Jaya Selatan 95
(samping supermarket BILKA)
Surabaya
031 - 60 31 70 07.

Untuk memesan perahu / boat fiber di JATIM. Bisa kontak Kami di 085748687868 / 085233003040 dgn Alex. Saat ini kami buat panjang boat, P X L di bawah 10 x 2.

Story : Kami lama bekerja di pabrik kapal skala International. Setelah beberapa waktu lalu Big project "kapal" yang kami produksi "bermusibah". Pabrik memberhentikan puluhan karyawan. Jadi kami membuat tiem kecil untuk mengisi pasar lokal saja.
Barangkali bisa bekerja sama. Sukses link nya...

Adoen Abbas mengatakan...

Saya mau buka Usaha FiberGlass ini di Provinsi Riau,dan sedang mencari karyawan yg Menguasai (berbepengalaman) di Pekerjaan Fiberglass ini.
Silahkan hubungi saya di :
Email : ceberlin30@gmail.com
terimakasih.

Unknown mengatakan...

Thank's Pak, sudah berbagi ilmu. Semoga dengan artikel ini banyak orang akan mendapat pencerahan. Semoga Tuhan memberkati Bapak agar terus berkarya dan menjadi saluran berkat bagi banyak orang. Amin.

nafamart mengatakan...

Trims Infonya sangat bermanfaat, saya lagi tertarik dan belajar buat kapal fibreglass karena Palembang banyak sungai saya tertarik ingin belajar, tolong dibantu ini email saya aekpanas@gmail.com trims mass
Amir

Unknown mengatakan...

mantab sekali kang artikelnya, klu dgn desain 20m x 4m utk kapal pancing kira2 habis biaya berapa kang ya? mohon wangsitnya kang. email saya ranggadewa256@yahoo.co.id .tak tunggu yo kang

Unknown mengatakan...

mantab sekali kang artikelnya, klu dgn desain 20m x 4m utk kapal pancing kira2 habis biaya berapa kang ya? mohon wangsitnya kang. email saya ranggadewa256@yahoo.co.id .tak tunggu yo kang

Unknown mengatakan...

mantab sekali kang artikelnya, klu dgn desain 20m x 4m utk kapal pancing kira2 habis biaya berapa kang ya? mohon wangsitnya kang. email saya ranggadewa256@yahoo.co.id .tak tunggu yo kang

Unknown mengatakan...

mantab sekali kang artikelnya, klu dgn desain 20m x 4m utk kapal pancing kira2 habis biaya berapa kang ya? mohon wangsitnya kang. email saya ranggadewa256@yahoo.co.id .tak tunggu yo kang

Unknown mengatakan...

mantab sekali kang artikelnya, klu dgn desain 20m x 4m utk kapal pancing kira2 habis biaya berapa kang ya? mohon wangsitnya kang. email saya ranggadewa256@yahoo.co.id .tak tunggu yo kang

Anonim mengatakan...

terimakasih.

Yogi mengatakan...

infonya sangat bermanfaat... bagi yang membutuhkan jasa pembuatan kapal fiber silakan kunjungi http://indonetwork.co.id/cv-minaanugrah atau cv-minaanugrah.blogspot.com...terima kasih

Erwin mengatakan...

bang, ada punya gambar kapal pancing 2 penumpang kayak dayung gitu tapi bisa pake mesin tempel? aku pengen coba buat pake balsa core composite. Kebetulan sudah ada bahannya. Tks bang

yoga mengatakan...

Macam” Produk Fiberglass :
- Tangki Panel Fiberglass
- Grease Trap / Penjebak Lemak
- Pipa Fiberglass / Pipa Frp
- Gutter / Talang Air Fiberglass
- Septic Tank Fiberglass
- Kolam Ikan Fiberglass

Unknown mengatakan...

permisi mas mau nanya nie kalo mau buat perahu ukuran 6x1,5 mtr berapa banyak bahan yg di butuh kan

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Maf saya baru postingan inih........
Kebetulan saya melyanii untuk pembuatan perau/kapal dgn berbagai ukuran yg berminat biasa hubungi saya di nomer:085647780663 dgn harga sahabat.melayani untuk materialnya jg bgi yg membutuhkan

Unknown mengatakan...

Bagi yg berminat mau pesen/membuat perau/kapal fiber glass dg berbagai macam ukuran bisa hubungi nomer ini.com:085647780663

Unknown mengatakan...

Tingginya berapa itu bos...
Ko o koma.....
Gak salah itu....
Kalo untuk ukuran tersebut yea 13,5 dah bisa bos....

Unknown mengatakan...

9Juta boz....

Unknown mengatakan...

Gmn bos msh minat untuk pembuatan kpl nya...

Unknown mengatakan...

Siap bos..
Msh minat untuk pembutan kpl dri fiber glass
Ni numrnya.085647780663 Kami dari cilacap melayani pembuatan dan perahu dgn fiber glass dgn berbagai. Macan ukuran.

Unknown mengatakan...

Rangga dewa untuk ukuran tersebut biyar lebih jls'a hubungi my kontak:085647780663

den mengatakan...

Yth.Mas Arel
Apakah ditempat Mas , menerima anak SMK Kelautan untuk PKL ya Mas..?
Mohon konfirmasinya yaa..
Email : densogol@gmail.com
Telp +821072147648
Terimakasih ... Salam dari Busan Korsel

nonetravel mengatakan...

Kalau mau trip ke pulau kelapa hubungi saya: mutia di line: @nonemutia ; skype: anggraini.mumutia whatsup: 085693262897 blog: www.seribuharapantrip.blogspot.com

Open trip for date: 10&11 oktober dan 31&1 okt nov 2015. Only 390!! Yuuk cuss safe your seat.

independent mancing mania mengatakan...

Untuk daerah sekitar pantai selatan pangandaran,pelabuhan majingklak,dan wilayah kampung laut cilacap nusakambangan....infoin dong dmna pabrik pembuatan perahu fiberglas nya...kirim ya artikelnya ke...dadangjahry@gmail.com...atw pin bb sya...5AB27D56

Unknown mengatakan...

Artikel yang sangat bermanfaat dan yang saya cari-cari selama ini.. saya ucapkan terimakasih untuk pembuat artikel dan sumbernya.

Adrian mengatakan...

menerima pembuatan yacth, mewah kelas hotel bintang lima, fasiltas lengkap, murah, bergaransi... bbm 7545da90

Unknown mengatakan...

set kamar tidur
kamar tidur set
set kamar mewah
kamar set mewah
set tempat tidur mewah
tempat tidur set
tempat tidur set mewah
set ranjang tidur
ranjang set mewah
ranjang tidur mewah
ranjang tidur set
jual kamar tidur
jual tempat tidur set
jual tempat tidur mewah
jual ranjang tidur
jual ranjang mewah
harga kamar tidur
harga tempat tidur mewah
harga ranjang mewah
ranjang pengantin
tempat tidur utama
kamar tidur utama
kamar tidur pengantin
kamar tidur ukir
kamar tidur utama
kamar tidur pengantin

jthm mengatakan...

Salam kenal mas..
Saya seorang yang kurang beruntung dalam bisnis. Mohon bantu mas.. jima berkenan tolong emailkan teori lengkap cara membuat kapal fiberglass ke email berikut.. jtumpal.mnr@gmail.com terimakasih

Unknown mengatakan...

gan kira2 untuk sebuah perahu ukuran 4m x 0,8m x 0,6m butuh bahan berapa kilo..

Unknown mengatakan...

Untuk yang di daerah Kebumen, bisa merapat ke toko Jayaputra, untuk mendapatkan bahan-bahan pembuatan kapal seperti resin, katalis, serat fiber, mirror glaze, dll. Alamat lengkapnya di Jl. Pemuda no. 6, Selatan tugu walet, Kebumen.

dendi_Aqlan mengatakan...

kereeen..bang
Bisa dong kita berbisnis.. heheheh
082377734177

Unknown mengatakan...

Bisa kasih tau spek.harga masing2nya ga mas

Unknown mengatakan...

Bisa kasih tau spek.harga masing2nya ga mas

Unknown mengatakan...

wah bagus nih bisa order donk, semoga kita bisa bekerja sama, kami perusahaan pembuat tanki panel industri, silahkan Klik disini untuk melihat produk-produk kami

nurul mengatakan...

terimakasih informasinya gan sangat bermanfaat bagi saya yang bergerak dalam bisnis pembuatan wahana permainan air seperti :
Seluncuran spiral
Race Family
Jamur Air
Ember Tumpah
Spiral Waterslide
Produk lainnya

Tommy mengatakan...

Menjual cat epoxy setara dengan epoxy lainya hub Tommy.transcal@gmail.com harga bersaing trims

Tommy mengatakan...

Menjual cat epoxy setara dengan epoxy lainya hub Tommy.transcal@gmail.com harga bersaing trims

Unknown mengatakan...

UDAH PERNAH BACA DI BLOG LAIN..KOPAS NIH

Floor Hardener & Epoxy mengatakan...

Terima kasih infonya gan.
Lumayan buat nambah elmu.

Finishing Floor Hardener
Kegunaan Resin.

----------

Unknown mengatakan...

Nice article bro..insy bermanfaat & dpt pahala. @bungkapten

Lukas Hawe Parapaga mengatakan...

Keren banget bang....

Unknown mengatakan...

sangat menarik dan bermanfaat infonya thx..kunjungi juga http://www.ahlibeton.co.id/2015/09/epoxy-lantai.html untuk epoxy lantai

Unknown mengatakan...

terimakasih informasinya lumayan kalo diterapkan bikin kapal mainan bisa jadi peluang usaha nih
pengrajin fiber

Unknown mengatakan...

Butuh bahan fiber g bos, saya ad stok bnyak..

Unknown mengatakan...

Saya ad stok banyak bahan fiber, barangkali agan agan ad yg berminat.. Hubungi nmr saya 081384616479

Unknown mengatakan...

Saya ad stok banyak bahan fiber, barangkali agan agan ad yg berminat.. Hubungi nmr saya 081384616479

Unknown mengatakan...

Butuh bahan fiber g bos, saya ad stok bnyak..

Unknown mengatakan...

Saya ada rencana pengadaan kapal viber 3 gt di kaltim dengan mesin dala pakai 24 pk boleh ngga kasih info harga dan spek serta gambarnya


Unknown mengatakan...

Pak Mufti, saya ada rencana untuk membeli kapal fiber dengan muatan 5 GT lebih, bisa kita bertukar informasi harga dan spesifikasi kapal. dengan email ke saya simonpaiyan@ymail.com. terima kasih

Avrilia Blogs® mengatakan...

Pak Mufti, saya berencana untuk membuat perahu memancing sendiri menggunakan fiberglass dengan spesifikasi :

Panjang 5 Meter
Lebar 0,8 -9 meter
Rencana Ketebalan fiber 1,5 cm
Tinggi 0,6 meter

saya masih bingung urutan pencetakan/tahapan demi tahapan pembuatan hingga terbentuklah sebuah perahu. mohon informasinya mengenai tahapan dalam proses pembuatan perahu tersebut. bisa di balas di email saya afpriyanto1987@gmail.com.

saya mohon dengan sangat. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

Avrilia Blogs® mengatakan...

maaf ada yang ketinggalan, dengan spesifikasi yang saya sebutkan diatas, kira-kira berapa banyak dana yang harus saya keluarkan karena kalau proses pembuatannya akan saya kerjakan sendiri. Posisi saya ada di Kalimantan Timur Kec. Batu Engau Kab. Paser

Anonim mengatakan...

Assallamuallaikum saya dari Jawa Timur Pengen Tau gimana cara Pembuatan kano ,kirim ke ini erwin14febuari2001@gmail.com

energy air mengatakan...

Muantab gan infonya gan. Akan segera saya coba buat fibernya

Salam
sewa bus pariwisata di surabaya
sewa innova di surabaya
sewa hiace di surabaya

Rudi Haryatmo mengatakan...

Dengan hormat,

Dengan ini perkenankanlah kami dari PT. MLA CHEMICALS INDONESIA, merupakan perusahaan produsen dan penyalur bahan - bahan kimia untuk pembuatan kapal boats/ kapal fiber seperti :
• Fiber glass materials.
• Epoxy Vinyl Ester Resins.
• Pigment pastes and gelcoats.
• Advanced multiaxial fiber – carbon fiber, Kevlar.
• Thermoshet & thermoplastic resin.
• Tooling, Additive, and Equipment.
• GFRC Raw Materials.
• Hydrate Gypsum.

PT. MLA CHEMICALS INDONESIA telah melayani berbagai industri melalui produk – produk chemical composite, sejak tahun 2004. Kami mempunyai fasiltas pabrik di kawasan industry millennium tangerang serta di dukung oleh Laboratorium dan R & D yang berpengalaman di bidang nya.dan produk kami bersertifikat FDA , teruji mutu ASTM & test AFPA Classification.

Serta memperkenalkan produk dan jasa ( FRP Lining ) yang di dukung oleh teknologi mutakhir, tenaga-tenaga ahli dan berpengalaman dalam Bidang Lining material, serta mengunakan peralatan-peralatan canggih untuk mencapai hasil optimal, moto kami adalah One stop composite solution.
Demikian kami sampaikan surat perkenalan dari kami, Kami menunggu kabar lebih lanjut dari Bapak.
Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hotmat Saya
Rudi Hatyatmo
Hand Phone 087774889759
PT. MLA CHEMICAL INDONESIA
Kawasan industry millennium
JL.Milenium II – A 23 No 06
Cikupa – Tangerang
www.mlachemicals.com

Sawarna mengatakan...

Kalau perahu lebar 120 cm biaya berapa ya?

Unknown mengatakan...

Bahannya bagus juga ntuk perbaiakan talang cor

Cara cari duit lewat internet mengatakan...

Pengen coba buat kapal kecil tapi masih bingun cari
Bahan2nya ...salam dr kota mpek2

harry mengatakan...

gan. ada speed boat mesin tempel ( tanpa mesin ) second laik layar nggak ?. atau.. jual kreditan nggak ?. yg panjang 5 m saja, kapasitas 4 atau 5 orang. makasih.

chintia lim mengatakan...

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Unknown mengatakan...

Obat Aborsi
Obat Aborsi Cytotec Asli
Jual Obat Aborsi Tuntas
https://lapakobataborsi.com/

Khairudin pulau tidung mengatakan...

Waaahh keren ini membuat kapal besar,, kalau ukuran kapal panjang 15 lebar 4 meter kira2 berapa biayanya gan.. mau tanya dulu nie gan, atau bisa balas chat ke WA saya 081314641700

JL Arif mengatakan...

Wah bagus benar ulasannya.kebetulan saya juga mengerjakan kapal dan perahu pesanan jadi butuh masukan seperti ini.terimakasih

Tommy mengatakan...

Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

Mobile : 0813-1084-9918
Whatsapp : 0813-1084-9918
name : Tommy. K
Email1 : tommy.transcal@gmail.com

Unknown mengatakan...

Bos boleh nggak cetakan triplek nya itu dari dalam di fiber dari dalam dan tidak di lepas sekalian langsung untuk tulangan dan apakah berpengaruh ama keseimbangan dan ketahanan boat klu rangka tripleknya langsung di pakek tulangan

Unknown mengatakan...

Selamat pagi teman teman dimana saja berada jika ada yg minat pembuatan kapal fiber baru bisa kami bantu,lokasi dipantai anyer carita Banten.info

Aep Syaefi
Cv.pantai carita mandiri
081287575904
088748113

pulau tidung mengatakan...

mantap terima kasih banyak atas tutorial tahapan pembuatan kapal dari bahan fiber, ini sangat bermanfaat untuk orang yang sedang mencari ilmu pembuata kapal dari fiber, luar biasa bisa buat patokan dan pedoman, sukses terus dan tetaplah berkarya dan bermanfaat untuk orang lain.

Unknown mengatakan...

ijin copas pak, untuk materi skripsi

pulau tidung mengatakan...

Mantap, di pulau tidung kepulauan seribu juga banyak tukang2 amatir pembuat kapal dari fiber, hanya sekala ukuran kapal kecil kecil saja paling besar itu panjang kapal 20 meter lebar 6 meter, tpi lebih banyak buat perahu2 nelayan ukuran rata 7 sampai 9 meter saja, memang terhitung lebih ekonomis di banding buat kapal dari kayu kendala untuk kapal kayu kalau sudah membusuk mesti di ganti papannya,

Coq mengatakan...

Anda hebat.. jarang lho orang mau berbagi info penting

EASlot mengatakan...

Situs Slot Online http://134.209.104.46/

Posting Komentar